Keuangan

Keuangan

Rabu, 28 Oktober 2015

Retno Utami_1306465621_Achmad Zaky (BukaLapak.com)




Achmad Zaky- BukaLapak.com


Achmad Zaky adalah seorang pria kelahiran Seragen, Jawa Tengah yang berusia 28 tahun. Laki-laki yang akrab dipanggil Zaky ini telah menikah dengan Diajeng Lestari CEO HijUp.com dan telah dikaruniai seorang putri.  Zaky adalah seorang lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) jurusan Teknik Informatika angkatan 2004, dan melanjutkan pendidikan pasca sarjannya di ITB pada tahun 2008.
Sejak kecil Achmad Zaky memang sangat aktif dan menyukai hal-hal baru. Dari kebiasaanya tersebut ia gemar mengulik sesuatu, entah untuk dijual atau sekedar iseng-iseng saja. Bisa dibilang bakat bisnis Zaky sudah dapat dilihat sejak masih SD. Dimulai ketika beliau mendirikan sebuah perpustakaan sendiri yang kemudian disewakan kepada teman-teman disekitar rumahnya. Di masa kuliah pemuda ini juga telah memulai berbagai jenis bisnis. Namun bisnisnya selalu kandas karena kurangnya focus pada bisnis yang dijalaninya dan juga kurangnya pengalaman beliau tentang bisnis. Kegagalan demi kegagalan tidak membuatnya putus asa, ia menganggap kegagalan yang dialaminya sebagai sebuah proses pebelajaran.
Setelah kuliah Zaky bersama temanya mendirikan Suitmedia sebuah perusahaan yang membuat, menjual, dan memasarkan website.

Bukalapak.com

Bukalapak.com merupakan salah satu marketplace terkemuka di Indonesia. Didirikan awal tahun 2010 dengan Founder bernama Achmad Zaky. Bukalapak.com yang memiliki slogan “Jual Beli Online Aman dan Terpercaya” dengan visi menjadi online marketplace nomor 1 di Indonesia com dan misi meberdayakan UKM diseluruh penjuru Indonesia, Bukalapak.com saat ini telah mampu menjadi marketplace yang telah mencapai transaksi sebesar 2 milyar rupiah setiap harinya. Dengan lebih dari 150 ribu “Pelapak” sebutan untuk UKM yang menjual produk Bukalapak.com, Bukalapak.com berhasil mengumpulkan kelompok penjual terbesar di Indonesia.

Kenapa Ahmad Zaky dapat disebut entrepreneur?

Seorang Zaky dapat enterpreneur karena,memiliki mimpi besar, seorang Achmad Zaky memiliki mimpi untuk memiliki sebuah perusahaan besar sendiri yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat luas. Dapat kita lihat bahwa mimpinya telah terlaksana Bukalapak.com telah mampu untuk membangkitkan UKM UKM di Indonesia dengan menjadi seller di Bukalapak.com.
Mempunyai cara pandang yang berbeda, Terlihat dari Zaky memandang suatu masalah (banyaknya penipuan jual beli online) beliau menemukan ide untuk membuat sebuah E-commerce yang dapat dipercaya baik untuk buyer maupun seller.
Pemasar sejati atau penjual ulung, Strategi yang dilakukan Achmad Zaky dalam melakukan pemasaran Bukalapak.com dapat menjadi bukti bahwa beliau adalah seorang Pemasar sejati.
Memiliki Keyakinan besar, keyakinannya bahwa Bukalapak.com akan menjadi sebuah E-commerce yang besar mampu menyampingkan hambatan yang ada.


Karakter yang dimiliki:
1.    Pantang menyerah
Terlihat dari bagaimana cara Achmad Zaky menghadapi kegagalan-kegagalan yang pernah beliau lalui.
2.       Menyukai tantangan
Keluar dari zona nyamannya di Suitmedia Zaky lebih memilih focus pada Bukalapak.com yang saat itu belum besar
3.       Perfectionist
Ketelitian Beliau saat memilih karyawan dapat menjadi bukti bahwa beliau adalah seorang yang perfectionist
4.       Mudah membangun relasi
Bagaimana cara Zaky mampu mendapatkan investor dari Jepang dan juga bagaimana Zaky dapat menarik seller untuk bergabung dengan Bukalapak.com merupakan contoh bagaimana beliau mampu mebangun relasi dengan baik
Motivasi Achmad Zaky dalam mendirikan Bukalapak.com ialah beliau ingin memberdayakan  UKM di seluruh penjuru Indonesia.

 Awal Mula BukaLapak.com
     Ide awal dari Bukalapak.com sendiri muncul akibat seringnya mendengar adanya penipuan jual beli online, dengan usaha yang saat itu sedang digeluti di Suitmedia sangat mendukung dalam pembentukan Bukalapak.com. Pemasaran awal hanya dimulai dari Facebook saja, dengan cara spend Facebook ads, Bukalapak.com tidak memiliki budget untuk Adwords, iklan majalah, hanya dari teman ke teman, dan juga dengan meng add teman-teman di Facebook dan mengajak mereka untuk join Bukalapak.com. 
     Bukan hanya dari pemasarannya saja Bukalapak.com juga sangat mengutamakan kepercayaan pelanggan untuk berbelanja online karena saat itu belum banyak yang berbelanja onlie dengan alasan takut barang tidak samapai, barang tidak seperti pada gambar sampai, barang palsu. Tidak hanya Buyer , seller pun diyakinka bahwa dengan berjualan online mampu meningkatkan penjualan, namun hal yang penting diutamakan adalah kualitas barang dan kepuasan pelanggan. Pada awalnya Bukalapak lebih dikenal sebagai E-commerence yang menjual sepedah hal ini kasrena pada saat awal Bukalapak didirikan sedang terjadi trend sepedah fixy hal ini mseningkatkan psenjualan sepedah. Namun saat ini Bukalapak sudah menjual bermacam-macam barang, mulai dari elektronik, fashion, sampai batu akik yang sedang booming saat ini. Dengan kesuksesannya saat ini Bukalapak berhasil  mencapai nilai transaksi hingga 2 milyar rupiah perhari. 




Kesimpulan
Menjadi seorang entrepreneur sukses bukanlah hal yang mudah untuk menjadi sukses banyak kegagala-kegagalan yang perlu dilalui dan bagaimana menghadapi kegagalan tersebut yang akan menjadi tolak ukur kualitas seorang entrepreneur

Retno Utami


Tidak ada komentar:

Posting Komentar