Achmad Zaky- BukaLapak.com
Achmad Zaky adalah seorang pria kelahiran Seragen, Jawa
Tengah yang berusia 28 tahun. Laki-laki yang akrab dipanggil Zaky ini telah
menikah dengan Diajeng Lestari CEO HijUp.com dan telah dikaruniai seorang putri. Zaky adalah seorang lulusan Institut
Teknologi Bandung (ITB) jurusan Teknik Informatika angkatan 2004, dan
melanjutkan pendidikan pasca sarjannya di ITB pada tahun 2008.
Sejak kecil Achmad Zaky memang sangat aktif dan menyukai
hal-hal baru. Dari kebiasaanya tersebut ia gemar mengulik sesuatu, entah untuk
dijual atau sekedar iseng-iseng saja. Bisa dibilang bakat bisnis Zaky sudah
dapat dilihat sejak masih SD. Dimulai ketika beliau mendirikan sebuah
perpustakaan sendiri yang kemudian disewakan kepada teman-teman disekitar
rumahnya. Di masa kuliah pemuda ini juga telah memulai berbagai jenis bisnis.
Namun bisnisnya selalu kandas karena kurangnya focus pada bisnis yang
dijalaninya dan juga kurangnya pengalaman beliau tentang bisnis. Kegagalan demi
kegagalan tidak membuatnya putus asa, ia menganggap kegagalan yang dialaminya
sebagai sebuah proses pebelajaran.
Setelah kuliah Zaky bersama temanya mendirikan Suitmedia
sebuah perusahaan yang membuat, menjual, dan memasarkan website.
Bukalapak.com
Bukalapak.com merupakan salah satu marketplace terkemuka di
Indonesia. Didirikan awal tahun 2010 dengan Founder bernama Achmad Zaky. Bukalapak.com
yang memiliki slogan “Jual Beli Online Aman dan Terpercaya” dengan visi menjadi
online marketplace nomor 1 di Indonesia com dan misi meberdayakan UKM diseluruh
penjuru Indonesia, Bukalapak.com saat ini telah mampu menjadi marketplace yang
telah mencapai transaksi sebesar 2 milyar rupiah setiap harinya. Dengan lebih
dari 150 ribu “Pelapak” sebutan untuk UKM yang menjual produk Bukalapak.com, Bukalapak.com
berhasil mengumpulkan kelompok penjual terbesar di Indonesia.
Kenapa Ahmad Zaky dapat disebut entrepreneur?
Seorang Zaky dapat enterpreneur
karena,memiliki mimpi besar, seorang Achmad Zaky memiliki mimpi untuk memiliki
sebuah perusahaan besar sendiri yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat
luas. Dapat kita lihat bahwa mimpinya telah terlaksana Bukalapak.com telah
mampu untuk membangkitkan UKM UKM di Indonesia dengan menjadi seller di Bukalapak.com.
Mempunyai cara pandang yang
berbeda, Terlihat dari Zaky memandang suatu masalah (banyaknya penipuan jual
beli online) beliau menemukan ide untuk membuat sebuah E-commerce yang dapat
dipercaya baik untuk buyer maupun seller.
Pemasar sejati atau penjual ulung,
Strategi yang dilakukan Achmad Zaky dalam melakukan pemasaran Bukalapak.com
dapat menjadi bukti bahwa beliau adalah seorang Pemasar sejati.
Memiliki Keyakinan besar, keyakinannya
bahwa Bukalapak.com akan menjadi sebuah E-commerce yang besar mampu
menyampingkan hambatan yang ada.
Karakter yang dimiliki:
1.
Pantang menyerah
Terlihat dari bagaimana cara Achmad Zaky
menghadapi kegagalan-kegagalan yang pernah beliau lalui.
2.
Menyukai tantangan
Keluar dari zona nyamannya di Suitmedia
Zaky lebih memilih focus pada Bukalapak.com yang saat itu belum besar
3.
Perfectionist
Ketelitian Beliau saat memilih karyawan
dapat menjadi bukti bahwa beliau adalah seorang yang perfectionist
4.
Mudah membangun relasi
Bagaimana cara Zaky mampu mendapatkan
investor dari Jepang dan juga bagaimana Zaky dapat menarik seller untuk bergabung
dengan Bukalapak.com merupakan contoh bagaimana beliau mampu mebangun relasi
dengan baik
Motivasi Achmad Zaky dalam mendirikan Bukalapak.com ialah
beliau ingin memberdayakan UKM di
seluruh penjuru Indonesia.
Awal Mula BukaLapak.com
Ide awal dari Bukalapak.com sendiri muncul akibat
seringnya mendengar adanya penipuan jual beli online, dengan usaha yang saat
itu sedang digeluti di Suitmedia sangat mendukung dalam pembentukan Bukalapak.com.
Pemasaran awal hanya dimulai dari Facebook saja, dengan cara spend Facebook
ads, Bukalapak.com tidak memiliki budget untuk Adwords, iklan majalah, hanya
dari teman ke teman, dan juga dengan meng add teman-teman di Facebook dan
mengajak mereka untuk join Bukalapak.com.
Bukan hanya dari pemasarannya saja Bukalapak.com
juga sangat mengutamakan kepercayaan pelanggan untuk berbelanja online karena
saat itu belum banyak yang berbelanja onlie dengan alasan takut barang tidak
samapai, barang tidak seperti pada gambar sampai, barang palsu. Tidak hanya
Buyer , seller pun diyakinka bahwa dengan berjualan online mampu meningkatkan
penjualan, namun hal yang penting diutamakan adalah kualitas barang dan
kepuasan pelanggan. Pada awalnya Bukalapak lebih dikenal sebagai E-commerence
yang menjual sepedah hal ini kasrena pada saat awal Bukalapak didirikan sedang
terjadi trend sepedah fixy hal ini mseningkatkan psenjualan sepedah. Namun saat
ini Bukalapak sudah menjual bermacam-macam barang, mulai dari elektronik,
fashion, sampai batu akik yang sedang booming saat ini. Dengan kesuksesannya
saat ini Bukalapak berhasil mencapai
nilai transaksi hingga 2 milyar rupiah perhari.
Kesimpulan
Menjadi seorang entrepreneur sukses bukanlah
hal yang mudah untuk menjadi sukses banyak kegagala-kegagalan yang perlu
dilalui dan bagaimana menghadapi kegagalan tersebut yang akan menjadi tolak
ukur kualitas seorang entrepreneur
Retno Utami
Tidak ada komentar:
Posting Komentar