Zaskia
Adya Mecca
Tanggal Lahir: 8
September 1987
Pekerjaan: Aktris
Tahun
aktif: 2001 – sekarang
Anak Ke: 2 Dari 6 bersaudara
1. Tasya
Nur Medina (kakak)
2. Tania
Ray Mina (adik)
3. Haykal
Kamil (adik)
4. Marsha
Natika (adik)
5. Rifqa
Malsyita (adik)
6. Alwin
Kamil (adik)
Pasangan: Hanung
Bramantyo
Mempunyai 2 Anak :
·
Kana Sybilla Bramantyo (2010)
·
Kala Madali Bramantyo (2013)
Orang
tua: Eka Dewanta Insan Kamil & Rafida Kamil
blog: zaskiadyameccaa.blogspot.com
instagram: @zaskiadyamecca
Butik Meccanism
yang dikelola oleh Zaskia Adya Mecca dan kakaknya yang bernama Tasya Nur
Medina sudah berdiri kurang lebih 2 tahun yang lalu, lebih tepatnya pada bulan
Februari 2013. Namun sebelumnya Zaskia Adya Mecca dan Tasya sudah membuat Brand
'Zaskia Mecca' dengan sistem penjualan secara OnLine. Seiring dengan berjalannya
waktu Zaskia dan Tasya ingin membuka gerai resminya di Jakarta sehingga
diubahlah nama ZASKIA MECCA menjadi MECCANISM yang berada di Jl. Benda Raya 54
J Kemang Jakarta Selatan. Meccanism mempunya arti sebagai pengikut fashion
hijab ala ZASKIA MECCA. Fashion Hijab dari Zaskia Mecca mempunyai ciri khas
yang berbeda, yaitu dengan mengusung trend yang sedang berlangsung tanpa
mengurangi nilai syar’i sebagai perempuan Islam yang modern, smart dan
beautiful. Sistem penjualan Meccanism bisa langsung datang ke gerai resmi Butik
Meccanism atau pun melalui OnLine. sekarang dengan banyaknya perminat kini
butik Meccanism sudah mempunyai 3 gerai resmi.
Zaskia Adya mecca adalah salah satu entrepreneur karena zaskia memiliki
bisnis butik pakaian+jilbab dan sudah mempunyai 3 gerai butik resmi.
Zaskia adya mecca bersama kakaknya membangun
bisnis ini dengan pantang menyerah, sabar mencari pelanggan, pekerja keras, dan
mudah bergaul karena itu juga penting untuk menarik pelangan motivasinya adalah
“asalkan percaya semua bisa terjadi”
Tepat di tahun 2012. Aktris cantik yang
kini memutuskan untuk berhijrah menjadi aktris muslimah yang sukses mendirikan
butik bernama Meccanism. Ia mendirikan bisnis ini dengan orang terdekatnya
yaitu tasya Nur Medina yang merupakan kakak kandungnya sendiri.
Meccanism saat ini selain berada di kawasan Kemang,
Jakarta Selatan. Juga ada outlet lainnya di Yogyakarta dan Makasar. Tumbuhnya
Meccanism seperti sekarang bukan tanpa rintangan. Zaskia Adya Mecca merasakan
beragam rintangan, salah satunya berasal dari kakaknya. Rintangan tersebut
terjadi karena perbedaan konsep yang dimiliki oleh Zaskia dengan kakaknya. Bila
hal itu sedang terjadi, maka suasana pun jadi tidak kondusif sementara timeline
untuk menjalankan bisnis terus berjalan.
Begitu antusiasnya konsumen muslim untuk
menyambut bulan penuh berkah memang memberikan berkah tersendiri buat Zaskia
dan kakaknya. Banjir pelanggan datang pada saat momentum Ramadhan. Hampir
mencapai 600 potong jilbab setiap harinya dapat dijual.
Ada dua model
bagaimana Zaskia Adya Mecca beserta kakaknya dalam mencari pelanggan yang
betul-betul kuat. Pertama melalui jalur online, berusaha mencari pelanggan
tanpa ada batas waktu menjadi mengapa mereka memilih melalui jalur online. Dari
online itu pula, mereka menyadari bahwa bila pelanggan merasa puas, besar
kemungkinan mereka akan menuliskan kepuasannya di dalam sosial media sehingga
teman-temannya menjadi tahu.
Jalur yang kedua melalu dunia offline, ada
dua metode dalam sukses bisnis offline ala Meccanism. Pertama, menetapkan
outlet di tempat yang strategis. Dengan menetapkan hal tersebut, memungkinkan
pelanggan mengetahui adanya Meccanisme dan pada gilirannya melakukan pembelian.
Bila sudah ada beberapa pelanggan berkunjung ke outletnya dalam satu waktu,
dapat juga memberikan pengaruh kepada orang yang sedang melintas di depan
outlet Mecaanism untuk melihat.
Kedua adalah kenyataan bahwa Meccanism
dirancang produknya cocok untuk selebritis yang menggunakan hijab, dari
pelanggan yang berasal dari selebritis itulah pintu pelanggan yang lainnya
dapat terbuka, Sandra Dewi selebritis yang menjadi salah satu pelanggan kuat
dari Meccanism.
Rintangan mengenai perbedaan ide dan
konsep yang terjadi dalam satu keluarga untuk berbisnis tetap dilalui bersama
olehnya, dengan percaya bahwa setiap konsep yang diberikan oleh setiap orang
pasti memiliki kelebihan, tinggal bagaimana menyatukan konsep yang memiliki
kelebihan dengan kelebihan konsep yang dimiliki oleh diri Zaskia Adya Meca itu
sendiri.
Contoh
pakaian dan jilbab meccanism
BMC Meccanism
1. Customer
segment :
untuk
perempuan hijabers
2. Value Proposition :
·
Bahan
untuk pakaian & jilbab menggunakan bahan yang berkualitas dan nyaman untuk
di pakai oleh perempuan yang berhijab.
·
Pakaian
dan jilbab di design langsung oleh zaskia dan kakaknya.
3. Channels :
·
melalui
sosial media dan internet
·
cara
customer melakukan pembelian dengan membeli melalui butik Meccanism langsung
maupun melalui online
4. Revenue :
·
Pemasukan
pakaian dan jilbab yang di jual secara offline (butik) dan online
5. Costumer Relationship :
·
Blog
·
Instagram
·
Wibsite
·
Jika
customer merasa cocok akan membeli kembali barangnya
6. Key Activities :
·
Produksi
= di design, memilih bahan, di jahit
·
Marketing
7. Key Resources :
Tenaga
kerja
8. Key Partnership :
·
Toko bahan
·
Artis
yang memakai jilbab buatan meccanism
9. Cost Structure :
·
Biaya gaji pegawai
·
Biaya Produksi
·
Biaya Marketing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar