Coco Chanel : Pengusaha Legendaris
Profil
Lahir
|
Gabrielle Bonheur Chanel
19 Agustus 1883 Saumur, Perancis |
Meninggal
|
10 Januari 1971 (umur 87)
Paris, Perancis |
Kebangsaan
|
Perancis
|
Pendidikan
|
Catholic Monastery in Aubazine
|
Penghargaan
|
Neiman Marcus Fashion Award,
1957 |
Coco Chanel (lahir dengan nama Gabrielle Bonheur Chanel di Saumur, Perancis, 19 Agustus 1883 – meninggal di Paris, Perancis, 10 Januari 1971 pada umur 87 tahun) adalah salah seorang perancang mode revolusioner dan pembuat parfum
terkenal di dunia. Salah satu inovasinya yang terkenal adalah parfum
Chanel No.5 yang diluncurkan pada tahun 1932. Angka 5 merupakan angka
kesukaan Coco Chanel dan semua koleksi produk terbarunya selalu
diluncurkan pada hari kelima dari setiap bulan. Pada tahun 1970, parfum
Chanel No. 19 diluncurkan dan nama tersebut diambil dari tanggal
kelahirannya. Perjalanan Coco Chanel terhenti di usia 87 tahun. Ia
meninggal pada tanggal 10 Januari 1971 akibat serangan jantung di Hotel
Ritz Paris.
Profil Bisnis
Tipe
|
Société Anonyme
|
Industri
|
Fashion
|
Didirikan
|
1909
|
Pendiri
|
Coco Chanel
|
Kantor Pusat
|
135 Avenue Charles de Gaulle,
92200 Neuilly-sur-Seine Cedex, Paris, France |
Jumlah lokasi
|
310
|
Area yang dilayani
|
Seluruh dunia
|
Key people
|
|
Products
| |
Kenaikan Pendapatan
|
€ 6.7 milyar (2014)
|
Pendapatan Bersih
|
€ 1.3 milyar(2014)
|
Jumlah Karyawan
|
1,270 (2010)
|
Situs
| |
Chanel
SA (/ ʃənɛl /; Perancis: [ʃanɛl]) adalah, perusahaan swasta Perancis
dimiliki oleh Alain dan Gerard Wertheimer, cucu dari Pierre Wertheimer,
yang merupakan mitra bisnis awal penjahit Gabrielle Bonheur Chanel. Chanel
SA adalah rumah mode tinggi yang mengkhususkan diri dalam haute couture
dan pakaian siap-pakai, barang-barang mewah dan aksesoris mode. Dalam
masa mudanya, Gabrielle Chanel mendapat julukan Coco dari waktu sebagai
chanteuse a. Sebagai
perancang busana, Coco Chanel melayani selera perempuan untuk
keanggunan gaun, dengan blus dan pakaian, celana dan gaun, dan perhiasan
(batu permata dan perhiasan) dari desain yang sederhana, yang
menggantikan mewah, lebih-dirancang, dan pakaian konstriktif dan
aksesoris dari abad ke-19 fashion. Merek produk Chanel telah dipersonifikasikan oleh model fashion dan
aktris, termasuk Ines de la Fressange, Catherine Deneuve, Carole
Bouquet, Vanessa Paradis, Nicole Kidman, Anna Mouglalis, Audrey Tautou,
Keira Knightley dan Marilyn Monroe.
The House of Chanel dikenal untuk "gaun hitam kecil", parfum No. 5 de Chanel, dan Chanel suit. Penggunaan Chanel dari bahan kaos yang diproduksi pakaian yang nyaman dan terjangkau Chanel merevolusi mode -. Fashion tinggi (haute couture) dan fashion sehari-hari (prêt-à-porter) - dengan mengganti terstruktur-siluet, berdasarkan korset dan korset , dengan pakaian yang fungsional dan pada saat yang sama menyanjung sosok wanita.
Pada tahun 1920, desain sederhana-garis Chanel couture dibuat populer "berdada" mode yang kebalikan dari jam pasir-angka yang dicapai oleh mode dari akhir abad ke-19 - Belle Epoque Perancis (ca. 1890- 1914), dan Inggris Edwardian Era (ca. 1901-1919). Chanel digunakan warna maskulin, seperti abu-abu dan biru, untuk menunjukkan keberanian feminin karakter pakaian House of Chanel menampilkan berlapis kain dan kulit hiasan.; pembangunan berlapis memperkuat kain, desain dan selesai, menghasilkan pakaian yang mempertahankan bentuk dan fungsinya ketika sedang dipakai. Contoh teknik haute couture tersebut adalah wol Chanel jas - rok selutut dan jaket cardigan bergaya, dipangkas dan dihiasi dengan bordir warna hitam dan tombol berwarna emas. Aksesoris pelengkap dua-nada sepatu pump dan jewellry (batu permata dan perhiasan), biasanya kalung mutiara, dan tas kulit.
The House of Chanel dikenal untuk "gaun hitam kecil", parfum No. 5 de Chanel, dan Chanel suit. Penggunaan Chanel dari bahan kaos yang diproduksi pakaian yang nyaman dan terjangkau Chanel merevolusi mode -. Fashion tinggi (haute couture) dan fashion sehari-hari (prêt-à-porter) - dengan mengganti terstruktur-siluet, berdasarkan korset dan korset , dengan pakaian yang fungsional dan pada saat yang sama menyanjung sosok wanita.
Pada tahun 1920, desain sederhana-garis Chanel couture dibuat populer "berdada" mode yang kebalikan dari jam pasir-angka yang dicapai oleh mode dari akhir abad ke-19 - Belle Epoque Perancis (ca. 1890- 1914), dan Inggris Edwardian Era (ca. 1901-1919). Chanel digunakan warna maskulin, seperti abu-abu dan biru, untuk menunjukkan keberanian feminin karakter pakaian House of Chanel menampilkan berlapis kain dan kulit hiasan.; pembangunan berlapis memperkuat kain, desain dan selesai, menghasilkan pakaian yang mempertahankan bentuk dan fungsinya ketika sedang dipakai. Contoh teknik haute couture tersebut adalah wol Chanel jas - rok selutut dan jaket cardigan bergaya, dipangkas dan dihiasi dengan bordir warna hitam dan tombol berwarna emas. Aksesoris pelengkap dua-nada sepatu pump dan jewellry (batu permata dan perhiasan), biasanya kalung mutiara, dan tas kulit.
Perjalanan Coco Chanel memulai usaha
Terlahir
sebagai Gabrielle Bonheur Chanel di Saumur, maint-et-loire, Prancis,
Chanel menghabiskan masa kanak-kanaknya di panti asuhan Aubazine sebagai
bocah yang di urus negara setelah ibunya meninggal dunia dan ayahnya
pergi meninggalkanya. Pada usia belasan dia di besarkan oleh para suster
di biara di moulins, yang kemudian membantunya memperoleh pekerjaan
sebagai penjahit.
Chanel kemudian beralih kerja menjadi seorang penyanyi kabaret. Pekerjaan sebagai penghibur inilah yang membawanya menjadi kekasih etienne balsan, seseorang playboy yang mau membiayainya pindah ke paris. Dia juga yang memodali chanel membuka bisnis topi wanita di paris untuk pertamakali pada 1914. Usaha chanel menjadi lebih besar ketika dia juga terjun ke bisnis pakaian atas dukungan kekasihnya, Arthur (“BOY”) Capel.
Chanel kemudian beralih kerja menjadi seorang penyanyi kabaret. Pekerjaan sebagai penghibur inilah yang membawanya menjadi kekasih etienne balsan, seseorang playboy yang mau membiayainya pindah ke paris. Dia juga yang memodali chanel membuka bisnis topi wanita di paris untuk pertamakali pada 1914. Usaha chanel menjadi lebih besar ketika dia juga terjun ke bisnis pakaian atas dukungan kekasihnya, Arthur (“BOY”) Capel.
Memasuki 1920-an, kemajuan sosial dan profesionalnya berlanjut, dan kemasyhuranya tumbuh menjadi legenda. Karya-karya
chanel terdiri atas banyaknya tahap dan gaya, tidak hanya setelan kaus
sederhana dan”little black dresses” yang membuatnya terkenal, tetapi
juga rok Gipsi, pakaian malam yang mewah, jas kardigan tanpa kerah, rok pendek yang terpotong penuh dan lain-lain. Pakaian
ini dilengkapi dengan perhiasan Art Deco dan sebuah topi pelaut di atas
rambut pendek Chanel. Penamplan “gadis modern” 1920-an yang tampak
kelaki-lakian itu sangat kontras dengan topi Belle Epoque yang mode pada
masa itu. Tetapi
suatu hal yang paling menentukan bagi citra chanel bukanlah sebuah
rancangan pakaian tetapi sebentuk cairan emas. Itulah dia parfum Chanel
pertam yang tampil dengan nama seorang desainer.
Pada tahun 1921, untuk melengkapi setelan pakaian, Coco Chanel menugaskan ahli parfum Ernest Beaux membuat parfum untuk House of Chanel, termasuk parfum No.5 , dinamai dengan angka kesukaan Chanel. Awalnya, botol Nomor 5 de Chanel adalah hadiah untuk klien dari Chanel. Popularitas parfum Chanel akhirnya membuat Rumah Mode tersebut menawarkan parfum untuk dijual pada tahun 1922.
Mengapa Coco Chanel Layak disebut sebagai Seorang Pengusaha
Usahanya kian
berkembang pada tahun 1910 saat ia membuat topi trim kecil yang cocok digunakan
di ruang terbuka. Topi itu kemudian menjadi tren mode di seluruh dunia. Tahun
1914 menjadi tahun bersejarah, karena di tahun itu, Coco membuka dua butik
resmi Chanel. Pada tahun 1929, saat hanya kaum kaya saja yang menggunakan
celana panjang, Coco melawan mainstream dengan menciptakan tren wanita
menggunakan celana panjang dan pakaian olahraga untuk wanita. Ia selalu pandai
berkreasi, membuat perhatian tertuju padanya.
Pahitnya
kehidupan sudah pernah dirasakan Coco Channel. Ia yang dilahirkan dari
keluarga miskin pun bersumpah akan membuat kaum jenset terkagum-kagum
oleh karya-karya rancangannya, sekaligus merangkak di bawah kakinya.
Impiannya tercapai, melalui kerja keras dan tekad membuat seorang
perempuan tampil menarik dalam berbusana. Di akhir hayatnya, kerajaan
bisnis merek Chanel yang ia bangun dengan susah payah telah menghasilkan
pendapatan sebesar lebih dari 160 juta dolar per tahun .
Mimpi
si gadis miskin yang kemudian melenggang menjadi sosialita yang
karyanya dielu-elukan perempuan di seantero jagad memberi pelajaran
berharga. Bahwa kesuksesan bukan hanya milik mereka yang berasal dari
keluarga kaya. Kesuksesan itu milik siapa saja yang gigih, cerdas dan
yakin dengan kemampuan yang dimiliki. Jangan gentar dengan hambatan atau
rintangan yang ada. Kegagalan tidak dapat dihindari, namun bisa
dihadapi dengan percaya diri.
Karakter dan Motivasi
"Agar tak tergantikan seseorang harus selalu berbeda." - Coco Chanel
"Fashion memudar, hanya gaya tetap sama." - Coco Chanel
Bergairah
"Tidak ada waktu untuk cut-dan-kering monoton. Ada waktu untuk bekerja. Dan waktu untuk cinta. Yang tidak meninggalkan waktu lain "- Coco Chanel
Pembuat keputusan besar
"Wanita harus selalu memberitahu orang bahwa mereka adalah orang-orang yang kuat. Mereka adalah besar, kuat, dan indah. Sebenarnya, wanita adalah orang-orang yang kuat. Ini hanya pendapat saya, saya tidak profesor "-. Coco Chanel
Tim pembangun
Setelah sederhana topi namun berkelas Chanel menjadi populer dengan wanita Perancis, Chanel digunakan lokasi di Malsherbes, kemudian membuka sebuah bar di Gabon Street dan tiga tahun kemudian lain butik topi di resor pantai mewah Deauville ini, setelah bantuan bibi dan adiknya, Chanel sangat meningkatkan jumlah karyawannya.
Pemimpin
"Seorang pemimpin yang tahu jalan,
menunjukkan jalan, dan pergi jalan."
- Coco Chanel
Dalam atelier nya, Coco Chanel adalah seorang pekerja, bukan seniman. Dia tidak menggunakan pena dan maket nya tidak dilakukan di atas kertas tetapi pada manekin, dengan pakaian yang nyata. Sampai kematiannya pada tanggal 10 Januari 1971, Coco pergi dari penjahit wanita untuk "The Queen of the Paris Haute Couture."
Menciptakan pengikut
Coco Chanel menetapkan dirinya sebagai pemimpin dalam fashion. Pada 70, setelah dia banyak pasang surut dalam kehidupan pribadinya maupun dalam nasionalnya milik dan rintangan dalam kariernya, ia diciptakan kembali keanggunan. Chanel suit diadopsi oleh Romy Schneider, Jacqueline Kennedy, dan Shirley MacLaine.
Karakter bawaan
"Alam memberi Anda wajah Anda memiliki dua puluh; itu terserah Anda untuk mendapat wajah Anda memiliki lima puluh "-. Coco Chanel
Setelah needlewomen di atelier nya berpartisipasi dalam aksi mogok besar 1936, Chanel menunjukkan belas kasihan atau pemahaman kepada mereka. Di sisi lain. Dia membuka kedok penipuan dan kemarahan.
Menikmati setiap langkah
"Seorang wanita memiliki usia dia pantas." - Coco Chanel -
Coco Chanel hidup hidupnya dengan penuh, penuh kasih, jatuh cinta, lagi dan lagi, tetapi sebagian besar dengan pekerjaannya ... Itu terjadi dia menyukainya paling ... dan itu pasti mencintainya sebagai balasannya.
Mengambil keputusan yang tepat
"Jangan menghabiskan waktu pemukulan di dinding, berharap untuk mengubahnya menjadi pintu." - Coco Chanel -
Coco selalu tahu apa yang dia inginkan, dan masih, dia memiliki visi dan tahu hanya yang jalan untuk mengikuti untuk mendapatkan tujuan nya.
Merencanakan segala sesuatu
"Mewah harus nyaman, selain itu tidak mewah." - Coco Chanel
Coco datang dengan ide pengaturan perempuan bebas dari renda, mutiara, node, dan embel-embel. Gayanya itu bernilai seribu kata; dia menciptakan wanita modern semua-baru, dibebaskan, percaya diri, dan bebas. Dia membayangkan gayanya, diwujudkan, dan memakainya. Kreasi nya cermin kesederhanaan namun elegan.
Mengelola uang dengan bijaksana
"Ada orang yang punya uang dan orang-orang yang kaya." - Coco Chanel
Kekayaan coco adalah keanggunan asli ... Dan begitu, pengikut Chanel harus memiliki je-nesais- quoi batin ini yang membedakan mereka dari semua pengikut tren lainnya ... Ada beberapa hal yang uang tidak bisa membeli ... cara memakai banyak kalung mutiara putih misalnya .
Berbicara di depan umum
"Selama Anda tahu orang-orang seperti anak-anak, Anda tahu segalanya!" - Coco Chanel
Coco Chanel membuat beberapa sombong, tidak mengatakan pernyataan berbahaya pada saat itu ... Percaya diri adalah kekuatan batinnya, dan dia berkata keras-keras apa yang begitu banyak wanita disimpan dalam hati mereka untuk waktu yang lama dan tidak pernah memiliki keberanian untuk mengungkapkan.
Jual ... dengan seni
"Fashion adalah bukan sesuatu yang ada dalam gaun saja. Fashion adalah di langit, di jalan, fashion berkaitan dengan ide-ide, cara kita hidup, apa yang terjadi. "- Coco Chanel
Mengelola Waktu dan berencana Keuangan
"Elegan tidak terdiri dalam menempatkan pada baju baru." - Coco Chanel
Ini semua baik kata dan mengatur ... Elegance adalah gaya ... dan cara hidup. Alih-alih membeli gaun baru, Chanel mulai mengurangi waktu dan uang dengan mengubah gaun sepanjang menambahkan-dan sebagian besar removing- beberapa rincian ... serta menghiasi pakaian dengan kesederhanaan.
Berurusan dengan Kritik
Business Model Canvas
Referensi:
http://ofrench.com/wp-content/uploads/2014/07/french-product-beauty-chanel-no-5-13.jpg
Tidak ada komentar:
Posting Komentar