Assalamualaikum wr. wb.
Perkenalkan nama saya Chicha Saraswita a.k.a Chicha
kali ini saya akan memposting tugas mata kuliah Kewirausahaan
Essay tentang tokoh enterpreneur
dan saya memilih Aditya Tambunan,
the Owner of the best place for Roti-Bakar-murah-tapi-enak
"Warung Nagih"
semoga bermanfaat :)
Profil Enterpreneur
Nama Lengkap :
Aditya Ekatama Tambunan
Tempat/Tgl
Lahir : Jakarta, 20 Maret
1990
Pendidikan
terakhir : S1 Business Management,
Bina Nusantara University
Anak ke : 1 dari 3 bersaudara
Hobi :
Travelling
Motto : Konsisten, passion, mental
Profil Bisnis
Warung Nagih
(Wargih) Roti Bakar adalah warung makan tenda pinggir jalan yang berada di
Jalan Kapt Tendean Kav 41, Mampang, Jakarta Selatan. Warung yang berdiri
tanggal 15 Maret 2012 ini memiliki suasana yang bersih dan rapih, hal ini membuat
Wargih berbeda dari warung makan pinggir jalan biasanya. Dengan desain country dan mempunyai ciri khas warna
merah-biru-putih ini, Wargih mampu bersaing dengan warung makan tenda lain yang
menjual sesama roti bakar.
Wargih jl Kapt Tendean Jakarta
Sang owner, Aditya, mengaku selalu mengikuti perkembangan zaman. Ia
melakukan banyak pendekatan dan promosi dengan membuat akun Twitter
@Warung_Nagih, Instagram, Facebook, hingga fan
page. Pengunjung mengaku Wargih menjadi salah satu tempat nongkrong asyik
di daerah Jakarta Selatan. Saking asyiknya, tempat ini selalu ramai hingga
larut malam. Saya sendiri termasuk yang sering datang ke Wargih. Pernah
sampai-sampai saya harus antre di mobil karena Waiting List.
Sebenarnya, apa sih yang membuat Wargih sangat diminati oleh kawula
muda?
Hmm, ini analisa saya.
Berbeda
dengan warung roti pada umumnya yang biasanya itu-itu aja, Wargih hadir
memberikan inovasi baru dengan sensasi unik dalam penjualan roti bakarnya. Kita
bisa memilih sendiri isi dan topping
roti bakar sesuai selera. Nah, ini yang bikin beda. Isi roti bakar nya
macam-macam, ada: Nutella, Silverqueen, Skippy, vanilla, marshmallow, dll.
Tidak hanya isi roti bakar nya aja, kita juga bisa memilih topping nya dan bisa pilih lebih dari satu sesuai selera. Topping nya ada: cheese, koko crunch,
oreo, fruity rainbow, vanilla ice cream, chocolate ice cream dan greentea ice
cream. Wah, baru disebutin aja udah bikin ngiler. Tapi tidak hanya roti bakar
Wargih juga menyajikan roti maryam, pisang bakar, mie rebus, kue cubit, dll.
source: Zomato
spoiler for Beef Cheesy Nagih
spoiler for Roti Bakar Marhsmallow Keju Fruity Rainbow
spoiler for Roti Bakar Silverqueen IC Greentea & Vanilla Oreo
spoiler for Kue Cubit Nutella
Proses Bisnis
Menjadi seorang entrepreneur muda sepertinya memang sudah keinginan
Aditya dari dulu. Pria lulusan Business Management Binus ini ternyata memang
suka sekali makan roti bakar sejak duduk dibangku SMA. Namun, lama-kelamaan
Adit mulai worry dan jenuh dengan
roti bakar yang itu itu aja. Mulailah Adit berbelanja bahan-bahan dan
mengcombain sendiri roti bakar buatan nya dengan silverqueen, koko crunch, dll.
Dengan ini, Adit sebagai entrepreneur dapat melihat masalah akan roti bakar
yang itu itu aja sebagai peluang untuk membentuk sebuah model bisnis baru,
dengan mengcombain bahan-bahan lain untuk roti bakar nya menjadi lebih menarik.
Karakter dari seorang Aditya memang sangat optimis, konsisten dan
pekerja keras. Melihat bisnis nya mulai digemari orang dari mulut ke mulut, membuat
Adit memutuskan untuk melangkah lebih serius lagi dalam menjalani bisnisnya.
Adit mengaku, kesalahan pasti ada disetiap memulai bisnis. Namun, untuk
menghadapi naik turun nya bisnis, Adit memilih untuk tetap komitmen dengan
bisnis nya. Menurut Adit, sejauh ini selama kita punya mental dan komitmen yang
kuat pasti akan menimbulkan gairah-gairah yang dapat membangun pondasi untuk
berbisnis lagi.
Dulu sebelum Wargih berada di Jalan Kapt Tendean, Wargih buka di
Daerah Mataram Jakarta Selatan. Adit membuka Wargih awalnya hanya untuk tempat
nongkrong teman-teman kampus, biar tidak kabur-kaburan katanya. Lama-kelamaan
peminat mulai bermunculan. Karena berawal dari coba-coba, Adit mengaku banyak
terjadi trial error. Setelah 7 bulan
disana, Adit memutuskan untuk berlanjut ke tahap yang lebih serius lagi dalam
menjalani bisnis nya dengan membentuk struktur organisasi dan SOP. Setelah itu
barulah Wargih pindah lokasi ke Jalan Kapt Tendean Jakarta Selatan.
BMC Perusahaan
Warung Nagih
Key Partners
- Supplier bahan makanan
- Supplier bahan minuman
- Komunitas anak muda di Jakarta dan
sekitarnya
- Bekerja sama dengan PT Go-Jek
Indonesia untuk Delivery order di Go-Food
|
Key Activities
- Penjualan makanan dan minuman
- Tempat berkumpul komunitas anak muda
|
Value Proposition
Warung
Nagih adalah warung tenda yang menjual makanan dan cemilan, seperti: roti
bakar, pisang bakar, kue cubit, french
fries, indomie, dll.
Yang
membuat Wargih berbeda adalah roti bakar nya tersedia berbagai macam isi dan
topping. Diantaranya ada: silverqueen, nutella, marshmallow, vanilla, cheese,
ice cream green tea, koko crunch, fruity rainbow, dll.
|
Customer Relationship
Twitter
@Warung_Nagih
Instagram
@warungnagih
Facebook
Warung
Nagih
Zomato
Warung Nagih
|
Customer Segments
- Anak muda (pelajar & mahasiswa)
yang suka nongkrong di wilayah Jakarta dan sekitarnya
- Semua kalangan yang suka makan
makanan cemilan
|
|
Key Resource
- Bahan baku makanan dan minuman
- Tenaga Kerja:
- Marketing
- HRD
- Finance
- Operational
- Peralatan
|
Channels
Jalan Kapten Tendean Kav 41, Mampang,
Jakarta Selatan
Delivery order by Go-Food
|
||||
Cost Structure
- Sewa tempat
- Gaji karyawan
- Penunjang operasi, seperti: wifi,
proyektor, tv
- Sales promotion
- Variable cost
- Pemeliharaan
|
Revenue Stream
Penjualan makanan dan minuman
|
||||
Kesimpulan
Baiklah, jadi itu adalah BMC dari Warung Nagih yang segmen nya adalah kuliner. Dari saya, semoga kedepannya bisnis Aditya dapat lancar dan menginspirasi anak muda jaman sekarang (termasuk saya) agar dapat melihat dan menciptakan peluang sendiri.
Demikian posting saya semoga bermanfaat dan saya mendapat nilai yang memuaskan. Amin
Jangan lupa visit blog saya juga di chichasaraswita.blogspot.co.id
Wasalam,
Mahasiswi Yang Gaul Berat
Chicha
Tidak ada komentar:
Posting Komentar