Keuangan

Keuangan

Rabu, 28 Oktober 2015

Ema Aenun Nafiah_1306465123_Martha Tilaar (Sariayu)



MARTHA TILAAR



1.                  Profil Entrepeneur

Martha Tilaar adalah Seorang pengusaha Indonesia paling terkenal yang bergerak di bidang kosmetika dan jamu dengan nama dagang Sariayu. Dilahirkan di kota Kebumen, Jawa Tengah pada tanggal 4 September 1937 dan memiliki empat anak, Bryan Emil Tilaar, Pinkan Tilaar,Wulan Tilaar,Kilala Tilaar. Ibu Martha, adalah sosok wanita yang tidak pantang menyerah. Ketika orang lain mengatakan tidak mungkin, Ia tetap mencobanya.

Sebelum menikah, Ibu Martha sempat mengajar di SD selama dua tahun. Setelah menjadi sarjana pendidikan dari IKIP Jakarta, ia juga sempat mengajar di alma maternya selama tiga tahun. Lalu mengikuti suami, Dr. Henry A. Rudolf Tilaar, yang bertugas ke Amerika Serikat. Di sanalah ia belajar masalah kecantikan, dan lulus 1967. Lalu bekerja selama tiga tahun di Campes Beauty Salon, Universitas Indiana, AS. Setelah kembali ke Jakarta, 1969, ia membuka salon kecantikan. Dimulai dari modal 1 juta rupiah di saku, hasil menabung selama tingal dan bekerja di Amerika Serikat, selain juga sumbangan dari ayahnya-Handana-dan adik-adiknya, Ratna dan Bambang. Maka, awal tahun 1970, 3 Januari 1970, berdirilah Martha’s salon. Salon kecil di Jalan Dr. Kusumaatmaja, Jakarta itu, akhirnya berkembang menjadi lima buah. Meskipun ia mendapat pendidikan dari Amerika, ajaran gurunya yang pertama kali, Titi Poerwosoenoe, masih terngiang. "Saya mesti back to nature ", tutur ibu empat anak ini.

Tahun 1972 ia pun ke Eropa belajar ramu-ramuan. Dikunjunginya pabrik Yves Rocher di Prancis, Mary Quant di Inggris, dan Hartleben di Jerman Barat. Kembali ke Indonesia, empat tahun kemudian didirikannya Martha Griya Salon yang memperkenalkan perawatan tradisional. Usaha itu kian berkembang dengan berdirinya pabrik kosmetik PT Sari Ayu, Martha Kosmetika Indonesia, yang diresmikan oleh Ny. Nelly Adam Malik, 22 Desember 1981. Baru berusia dua tahun perusahaan itu mendapat penghargaan tertinggi untuk penampilannya pada The First Asian Beauty Congress and Exhibition, Singapura. Ibu Martha sendiri memperoleh Doktor Kehormatan di bidang Fashion Artistry dari The World University Tucson, Arizona, Amerika Serikat, 1984.

Baru-baru ini, DR. Martha Tilaar diberikan penghargaan oleh Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki Moon pada UN Global Compact Leaders Summit di New York karena menjalankan perusahaan yang memiliki program meliputi 10 prinsip Global Compact etika, seperti hak asasi manusia, tenaga kerja, konservasi pengendapan, dan anti- korupsi sejalan dengan delapan tujuan pembangunan millennium.
Pendidikan :
- SD St. Theresia, Jakarta (1949)
- SMP St. Theresia, Jakarta (1955)
- SMA St. Ursula, Jakarta (1957)
- IKIP, Jakarta (1963)
- Kursus Kecantikan di Jakarta (1961-1962)
- Academy of Beauty Culture di Bloomington, Indiana, AS (1967- 1969)
- Kursus-kursus kecantikan di Bangkok, Hong Kong, Tokyo, London, Paris, New York (1975-1984)
Karir :
- Guru SD di Jakarta (1958-1961)
- Dosen IKIP Jakarta (1963-1965)
- Karyawan Campes Beauty Salon, Indiana Universty, AS (1967- 1970)
- Direktur Puspita Martha (1974-1978)
- Presdir PT Martina Berto
- Direktur Martha Salon
- Dirut PT Sari Ayu Martha Kosmetika Indonesia (1978 -- sekarang)
Penghargaan :
- Doktor Kehormatan (Honoris Causa) dalam bidang ”Fashion and Artistry” dari World University Tuscon, Arizona, AS tahun 1984

2.                     Profil Bisnis

Melangkah Pada tahun 1977 Martha Tilaar menjajaki kerjasama dengan Theresia Harsini Setiady, dari PT Kalbe Farma sekali pemilik. Mereka sepakat untuk membuat kosmetik dan perusahaan jamu, bernama PT Martina Berto, dan Martha Tilaar Sariayu diluncurkan sebagai produk pertama. Pada 22 Desember 1981 PT Martina Berto membuka pabrik kosmetik pertama Ayang Pulo Road, Kawasan Industri Pulogadung, Jakarta Timur diresmikan oleh istri Ny Nelly Adam Malik kemudian Wakil Presiden Adam Malik. Tahun 1983 Martha Tilaar mendirikan PT Sari Ayu Indonesia, khusus sebagai distributor kosmetik produk Sariayu Martha Tilaar. Pada tahun 1986 Martha Tilaar kembali membuka pabrik kedua, kali ini di Jalan Pulokambing II / 1, masih di daerah yang sama waktu itu Pulogadung Industrial Zone diresmikan oleh Ibu Umar Wirahadikusumah Karlinah, istri Wakil Presiden Omar Wirahadikusumah.

Selama kesempatan 1988-1995 tahun Martina Berto PT untuk mengakuisisi sejumlah perusahaan, seperti PT Kurnia Harapan Raya, PT Cempaka Indah Belkosindo, PT Cedefindo, Estrella Lab PT Catering dan PT Kreatif. Kemudian, pada tahun 1999 Martha Tilaar dan anggota keluarga kesempatan untuk membeli seluruh saham PT Kalbe Farma yang tersedia di PT Martine Berto.

Sejak itu, Martha Tilaar dan kontrol keluarga lengkap PT Martina Berto. Bersamaan itu dilakukan pada perusahaan konsolidasi tergabung dalam Martha Tilaar Group. Anak Martha Tilaar Group terdiri PT Martina Berto dan PT Tiara Permata Sari (produsen dan pemasar produk Sariayu Martha Tilaar, Biokos Martha Tilaar, Bella Martha Tilaar, Berto Martha Tilaar, Aromatic Oil Of Java Martha Tilaar, Dewi Sri Spa Martha Tilaar, Jamu Taman Martha Tilaar).

Kemudian, PT Cedefindo (produsen dan pemasar produk Rudy Hadisuwarno Cosmetics, Madonna), PT Indah Cempaka Belkosindo (produsen dan pemasar produk dan Cempaka Mirabella), PT Sari Ayu Indonesia (distributor PT Martina Berto semua produk dan PT Tiara Permata Sari, produk Cempaka Belkosindo Indah, kecuali produk Cempaka), PT Martha Beauty Gallery (perusahaan jasa untuk Martha Tilaar Salon, Martha Tilaar Salon & Day Spa, Martha Tilaar Busana Hak Cipta, Art & Beauty Martha Tilaar, Puspita Martha Tilaar).

Kinerja dan perkembangan PT Martina Berto memiliki pertumbuhan begitu pesat, sejumlah penghargaan baik nasional maupun internasional juga telah di tangan. Baru-baru ini, DR. Martha Tilaar diberikan penghargaan oleh Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki Moon pada UN Global Compact Leaders Summit di New York karena menjalankan perusahaan yang memiliki program meliputi 10 prinsip Global Compact etika, seperti hak asasi manusia, tenaga kerja, konservasi pengendapan, dan anti- korupsi sejalan dengan delapan tujuan pembangunan millennium.

3.                  Alasan disebut Entrepeneur

Entrepreneurship bila didefinisikan dalam bahasa Martha adalah dream big, start small, and act now. Kombinasi latar belakang keluarga yang unik ini terjejaki dalam sosok Martha; menjadikan dirinya sosok yang khas. Ia memiliki jiwa pedagang, sekaligus juga pecinta keindahan, berjiwa pekerja sekaligus juga atasan; berjiwa pendidik, sekaligus juga eksekutif. Dan, tak kalah penting ia juga pemimpi.

Martha Tilaar mampu membuat peluang bagi diri sendiri. Martha pernah mengalami “celaka” dalam melangkah. Namun, hal demikian justru memacu Martha untuk terus menciptakan peluang dengan tak henti melahirkan inovasi.


Peluang lain yang diciptakan Martha adalah ketika ia memutuskan melakukan diferensiasi, menciptakan keunikan dengan tren warna kosmetik. Tren ini digali dari kekayaan budaya dan alam Indonesia. Konsep tren ini dimaksudkan sebagai panduan bagi konsumen untuk memahami arah warna kecantikan satu tahun ke muka.

Agar tren warna up to date, Martha menyerap pula tren warna dunia uang sedang berlaku. Dengan demikian setiap kali tren warna diluncurkan, itu berarti diluncurkan pula perpaduan konsep warna Timur dan Barat yang disimpulkan sesuai dengan rata-rata kebutuhan konsumen di Indonesia.

Prinsip yang diterapkan Martha dalam mengelola perusahaan dan mengembangkannya adalah menciptakan “sesuatu” menumbuhkan sesuatu yang tak ada menjadi ada dan menjaga kondisi keseimbangan agar semua dapat berkelanjutan. Pada titik ini, prinsip ini dipisahkan menjadi dua hal besar, yakni bisnis dan tanggung jawab social melalui aktivitas CSR (Corporate Social Responsbility). Pada prinsip pertama Martha mengelompokkannya dalam sebuah bidang usaha yang bergerak murni di dunia bisnis melalui kelompok Martha Tilaar Group. Pada prinsip kedua, ia menegaskan dalam bentuk Martha Tilaar Foundation. Kedua prinsip ini memiliki satu arah tujuan, yakni memperkuat positioning Martha Tilaar sebagai ikon kecantikan. Tanggung jawab perusahaan yang diterjemahkan dalam bentuk kegiatan sebagai bagian dari social responsibility adalah mengakui pentingnya isu hak asasi manusia dan lingkungannya. Sejumlah langkah dilakukan sebagai bentuk implementasi.

4.                  Karakter dan Motivasi

Sebagai pengusaha, ternyata kepribadiannya yang tak pantang menyerah lah yang mengantarkannya hingga menjadi sukses seperti sekarang. Martha juga selalu berpikir positif dan tidak henti melakukan inovasi. Sejak remaja, Martha sudah terbiasa menjual makanan-makanan kecil untuk menambah uang jajannya. Ia juga suka mengambil Sogok Telik dan Jali-jali Putih, yang tumbuh subur di tanah milik eyangnya, untuk dirangkai menjadi kalung dan gelang. Perhiasan tersebut ia jual kepada teman-temannya di sekolah. Martha kecil juga selalu memperhatikan hal-hal kecil dan detail di sekelilingnya.

Martha Tilaar mempunyai komitmen tinggi membangun industri kosmetika. Ia investasi besar di bidang riset dan pengembangan (R&D;). Ia mau mengirim staf ahli farmasinya belajar ke luar negeri, atau mengikuti berbagai pameran di luar negeri. Ia memiliki dua orang staf ahli farmasi bergelar doktor, sejumlah magister dan sarjana strata satu lainnya. R&D; memberi hasil lain. Martha Tilaar perlahan-lahan berhasil mengurangi ketergantungan kandungan bahan baku impor, berganti dengan bahan baku lokal di setiap produknya. Hasil lain lagi, ini yang lebih mencengangkan, pada bulan Juli 2002 Sekjen PBB Kofi Annan mengundang Martha Tilaar hadir dalam forum Global Compact, di New York, AS.

Sebagai bentuk keperduliannya terhadap perempuan, Martha mendirikan Yayasan Martha Tilaar. Ia mendidik banyak wanita dan ibu-ibu tentang kecantikan. Tujuannya agar mereka mengerti kecantikan sehingga bisa merawat diri. Namun yang terutama agar mereka mempunyai keterampilan tentang kecantikan, sesuatu yang pernah banyak menolong wanita di saat krisis multidimensi melanda bangsa termasuk pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap karyawan wanita maupun laki-laki di banyak perusahaan lain. Bagi Martha Tilaar perempuan adalah pemersatu yang sangat besar perannya bagi keutuhan bangsa. Karena itu ia tak ingin perempuan terbelakang dalam soal pendidikan
               
Prinsip berbagi yang melandasi bisnis kecantikan Martha Tilaar diwujudkan dalam bentuk pemberdayaan, terutama bagi perempuan. Grup usaha Martha Tilaar ini memayungi 11 anak perusahaan dan mempekerjakan sekitar 6.000 karyawan, 70% diantaranya adalah perempuan. Tak sedikit di antara kaum hawa ini yang mendapatkan kesempatan belajar dan sekolah cuma-cuma untuk mengembangkan dirinya. Mulai pekerja di ranah rumah tangganya hingga ahli seperti peneliti di perusahaannya. Martha tak sungkan mengirim peneliti belajaretnobotany ke Perancis dan medical antropology di Leiden, Belanda. "Pendekatan sains dibutuhkan untuk mengembangkan produk lokal," katanya. Satu lagi kunci sukses bisnis Martha Tilaar, fokus pada satu bidang, yakni kecantikan. "Saya mulai bisnis dari salon, lalu sekolah, pabrik, distribusi yang semuanya bergerak di bidang kecantikan.

5.                  Bagaimana Memulai Usaha

Martha Tilaar memulai usaha dari hobi. Martha Tilaar menyukai anak kecil, karena sampai usia 40 tahun belum punya anak. Didorong pula karena beasiswa 250 dolar per bulan untuk kuliah di Indiana University, tidak cukup untuk hidup berdua. Maka Martha Tilaar membuka usaha tempat penitipan anak. Pemasarannya dilakukan dngan menempel pengumuman di kampus Indiana University yang isinya “Saya adalah Baby Sitter, bersedia menampung bayi dan anak-anak”.  Hasilnya datang 13 anak asuh, mulai dari bayi sampai yang sudah duduk di sekolah dasar. Mereka menitipkan anaknya, karena mengikuti kuliah. Dari usaha penitipan anak ini, Martha Tilaar memperoleh pendapatan melebihi beasiswa suaminya.   Dari hasil usaha ini, digunakan untuk masuk ke Academy of Beauty Culture di Bloomington, Indiana.

Setelah lulus dari sekolah kecantikan, Martha Tilaar mengumumkan di kampus bukan lagi sebagai baby sitter, tetapi sebagai ahli kecantikan yang siap dipanggil untuk melayani kecantikan. Panggilan membanjiri bisnis baru Martha Tilaar. Pada 1972,

Ketika ia kembali ke Indonesia Martha segera ingin membuka salon. Karena tidak memiliki rumah “Salon Martha” sendiri naik pertamanya di garasi orangtuanya, di Jalan Kusuma Atmaja No. 47, Menteng, Jakarta Pusat di sebuah ruangan berukuran 6×4 meter. Martha salon ia mendirikan tepatnya pada tanggal 3 Januari 1970. Martha Tilaar memperkenalkan jamu tradisional yang diramu sendiri dalam salonnya dan ia sebagai kelinci percobaan. Ternyata membuahkan hasil.

Berikut perkembangan Martha Tilaar Group dari masa ke masa :
  • Tahun 1970. DR. Martha Tilaar memulai usahanya di garasi kediaman orangtuanya, Yakob Handana, di Menteng, Jakarta Pusat.
  • Tahun 1972. Pembukaan salon kecantikan kedua DR. Martha Tilaar, yaitu Martha Griya Salon di Menteng. Di salon inilah, untuk pertama kalinya perawatan kecantikan tradisional berbasis tanaman herbal dan bisnis kecantikan dimulai.
  • Tahun 1977. PT Martina Berto didirikan oleh DR. Martha Tilaar bersama mitra usaha yaitu Bernard Pranata (almarhum) dan Theresia Harsini Setiady.
  • Tahun 1977. Bekerjasama dengan Theresia Harsini Setiady yang merupakan pendiri Kalbe Group, PT Martina Berto meluncurkan brand Sariayu sebagai produk kecantikan dan jamu modern.
  • Tahun 1981. PT Martina Berto mendirikan pabriknya sendiri di kawasan industri Pulogadung
  • Tahun 1983. PT Martina Berto kembali mendirikan pabrik keduanya di Pulogadung
  • Tahun 1983. Di tahun yang sama, PT SAI Indonesia yang sebelumnya adalah PT Sari Ayu Indonesia didirikan untuk mendukung PT Martina Berto dalam mendistribusikan produk-produk kosmetiknya.
  • Tahun 1988-1990. PT Martina Berto melahirkan merek-merek kosmetika baru seperti Cempaka, Jamu Martina, Pesona, Biokos Martha Tilaar, Caring Colours Martha Tilaar, dan Belia Martha Tilaar.
  •  Tahun 1993-1995. Terjadi proses akuisisi oleh sejumlah perusahaan ke dalam PT Martina Berto.
  • Tahun 1996. PT Martina Berto menjadi pabrik kosmetika pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikat mutu ISO 9001.
  •  Tahun 1999. PT Martina Berto membeli saham Kalbe Group, dan sejak saat itu Kalbe Group sepenuhnya berada di bawah manajemen Martha Tilaar Group.
  • Tahun 2000.T Martina Berto mendapatkan sertifikat ISO 14001.
  • Tahun 2001-2009. PT Martina Berto menambahkan merek-merek baru di segmen pasar berbeda, yaitu Professional Artist Cosmetics (PAC), Dewi Sri Spa, Jamu Garden dan sebagainya.
  •  Tahun 2010. Martha Tilaar Group memasuki usia 40 tahun.
  • Tahun 2011. PT Martina Berto menjadi PT Martina Berto Tbk.
  • Tahun 2011. Martha Tilaar Group terpilih menjadi salah satu dari 55 perusahaan dunia yang menjadi anggota Global Conpact Lead PBB di Davos, Switzerland.
  • Tahun 2012. PT Martina Berto Tbk menerima penghargaan sebagai Pioneer in Technology dari Kementrian Industri, yang diserahkan oleh Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono.
  • Tahun 2012. PT Martina Berto Tbk mendapat penghargaan dalam Asia Responsible Entrepreneurship Awards 2012 untuk kategori Green Leadership.
Kini, Martha Tilaar Group terdiri atas PT Martina Berto TbkPT Cedefindo (strategi pemasaran dan produksi), PT SAI Indonesia(distributor produk-produk Martha Tilaar Group), PT Martha Beauty Gallery (pelayanan konsultasi dan pendidikan kecantikan, seperti Puspita Martha School of Beauty), Martha Tilaar SpaCipta BusanaArt and Beauty Martha TilaarPT Cantika Puspa Pesona (manajemen waralaba domestik dan internasional untuk Martha Tilaar Salon Day Spa, Easter Garden Spa Martha Tilaar), PT Creative Style (perusahaan agensi periklanan), PT Kreasi Boga (agensi tenaga kerja), dan PT Mahligai Citra Bangsa (jasa wedding organizer dan produksi majalah).


6.                  Bisnis Model Canvas

1.          Customer segment
          Kosmetik dengan karakter tradisional local yang berkualitas mancanegara menawarkanproduk 
          kepada semua wanita Indonesia hingga mancanegara untuk para remaja hingga dewasa dengan 
          harga yang terjangkau.

2.          Value Proposition
          Sariayu  Martha tilaar adalah produk kosmetik yang menciptakan konsep yang unik dan    
          berbeda dari yang lainnya, dengan menciptakan keunikan dengan tren warna kosmetik yang  
          digali dari kekayaan budaya dan alam Indonesia selain itu sariayu juga  memadukan dengan  
         tren warna dunia, sehingga mampu menjadi kosmetik yang up to date.

3.          Channels
         -      partner store, wholesaler
         -      menggunakan social media dan internet
         -       cara customer melakukan pembelian dengan membeli melalui toko yang menjual sariayu      
              langsung maupun melalui toko online
 
4.          Customer Reationship
              -   beli putus saat itu juga            
              -   hubungan jangka panjang dengan dengan pelanggan apabila pelanggan merasa cocok dengan produk dan ingin membeli lagi
              -   Sariayu memiliki sales yang akan melayani pelanggan di setiap counter yang ada di departement stroe
                            -       menciptakan komunitas melalui facebook dan twitter
    
5.          Revenue Stream
         Penjualan produk kosmetik sariayu Martha tilaar

6.          Key Resource
         -    fasilitas pabrik, gedung-gedung, kendaraan, mesin-mesin dalam proses pembuatan
         -     brand sariayu Martha tilaar, hak paten produk produk yang dimiliki
         -     tenaga kerja
         -      membeli seluruh saham PT Kalbe Farma

7.          Key Activiteis
         Aktivitas merancang dengan menciptakan konsep sesuai dengan tren, proses pembuatan produk
         sesuai konsep yang telah dirancang  dan pendistribusian produk kepada distributor.

8.          Key partner
          -  Kerjasama dengan perusahaan yang berbeda  PT Kalbe Farma dan sepakat untuk    
             membuatkosmetik dan perusahaan jamu, bernama PT Martina Berto, dan Martha Tilaar 
             Sariayu diluncurkan sebagai produk pertama.
         -   Kerjasama dengan perusahaan yang sama PT Cedefindo (produsen dan pemasar produk     
             Rudy Hadisuwarno Cosmetics, Madonna), PT Indah Cempaka Belkosindo (produsen  dan      
             pemasar produk dan Cempaka Mirabella),

9.          Cost structure
         -          biaya bahan baku untuk membuat kosmetik
         -          biaya gaji karyawan
         -          biaya peralatan untuk proses pembuatan kosmetik
         -          biaya pemasaran

 

1 komentar:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    BalasHapus